Translate

5 Kecelakaan pesawat terbesar di dunia

Written By Unknown on Jumat, 11 Juli 2014 | 18.50

                                                                  
5 kecelakaan pesawat terbesar di dunia
Kecelakaan pesawat sangatlah mengerikan namun disekian banyaknya kecelakaan pesawat ddunia ini ada 5 kecelakaan terbesar di dunia entah itu disengaja atau tidak inilah 5 kecelakaan pesawat terbesar di dunia :




1. Pan  Am 1736 vs KLM 4805
Pan Am 1736 vs klm 4805

Kecelakaan terburuk dalam sejarah penerbangan terjadi ketika dua pesawat Boeing 747 yaitu pesawat Pan Am Nomor Penerbangan 1736 dan pesawat KLM nomor penerbangan 4805 bertabrakan di landasan pacu bandara Tenerife. Hal ini terjadi ketika pesawat KLM berjalan tanpa izin di satu-satunya landasan pacu bandara tersebut hal ini disebabkan karena kondisi berkabut menyebabkan kesulitan untuk mempertahankan visual dari salah satu pesawat ditambah dengan berbagai instruksi radio yang membingungkan pesawat tersebut kemudian bertabrakan langsung dengan pesawat Pam Am yang meluncur di sepanjang landasan pacu yang sama. Kecelakaan ini mengakibatkan sebanyak 583 orang meninggal dunia.

2. Kazakhstan Airlines 1907 VS Saudi Arabian 763
Kazakhstan Airlines 1907 VS Saudi Arabian 763

kecelakaan ini bisa Disebut sebagai tabrakan udara Dadri Charkhi dan juga sebagai tabrakan pesawat udara terburuk hingga hari ini, hal ini terjadi ketika sebuah pesawat Air Kazakhstan (Penerbangan 1907) bertabrakan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines (Penerbangan 763) di atas desa Charkhi Dadri di India kecelakaan ini membunuh semua orang di kedua pesawat, dengan total korban meninggal 349 orang. Pada akhirnya, Kasus kecelakaan kedua pesawat ini terungkap dan menyatakan pilot Kazakh bersalah karena ketidakmampuan untuk mengikuti instruksi.


3. American Airlines Penerbangan 191
kecelakaan American Airlines Penerbangan 191


American Airlines Penerbangan 191 adalah sebuah pesawat Mcdounnall Douglas DC-10 yang jatuh di kompleks Chicago. llinois, Amerika Serikat saat hendak lepas landas dari Bandara Internasional O’Hare pada 25 Mei 1979. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 258 orang dan 13 awak ditambah 2 orang di darat, dan hingga kini merupakan kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.
Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Chicago menuju Los Angeles dan telah bersiap untuk lepas landas. Saat lepas landas (tepatnya ketika rotate – menaikan hidung pesawat), mesin kiri pesawat terayun-ayun dan terlepas. Ketika terlepas, mesin tersebut mengenai bagian depan sayap dan merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan.
Ketika menyadari apa yang terjadi, pilot melambatkan kecepatan pesawat. Pesawat tersebut menjadi miring ke kiri dan jatuh di lapangan kosong dekat tempat parkir trailer di ujung landasan. Puing-puing mesin kiri pesawat ditemukan berceceran di landasan pacu sesaat setelah pesawat tersebut jatuh. kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpang peswat yang berjumalh 273 orang.

 4. Korean Airlines Penerbangan 007
Korean Airlines Penerbangan 007

 Pesawat Korean Airlines Penerbangan 007 sedang dalam perjalanan dari New York ke Seoul dengan transit di Anchorage, Alaska. Akibat kesalahan sistem navigasi, penerbangan dari Anchorage menuju Seoul menyimpang sedikit ke Utara, tidak lama setelah lepas landas.
Setelah menyadari melalui jalur yang salah, kru pesawat mencoba mengembalikan ke jalur yang benar. Saat itu, pesawat berada di atas pangkalan militer Uni Soviet. Korean Airlines 007 memang tak seharusnya melewati pangkalan Soviet, melainkan melewati Samudra Pasifik dan Jepang.
Tragisnya hubungan kedua negara adidaya itu (AS dan Uni Soviet) sedang tidak baik. Radar Uni Soviet mengira bahwa Korean Airlines 007 adalah pesawat mata-mata Amerika Serikat. Soviet lalu mengirim beberapa pesawat Sukhoi Su-15 untuk menembaknya. Setelah ditembak, api menyala di bagian belakang pesawat. Kemudian, pesawat itu tidak seimbang dan menjadi dua bagian. Pesawat lalu jatuh ke laut Okhatsk 12 menit kemudian. Peristiwa ini menewaaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 240 penumpang dan 29 awak. Kecelakaan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Korea Selatan.

5. Iran Airlines Penerbangan 655
Iran Airlines Penerbangan 655 airbus A300

 
Iran Airlines Penerbangan 655 (IR655) adalah pesawat Airbus A300 komersial yang ditembak jatuh oleh rudal kapal perang AS USS Vincennes pada 3 juli 1988, di atas Selat Hormuz, pada akhir masa perang Iran-Irak. Pesawat ini sedang terbang dari Bandara Abbas Iran ke Dubai Uni Emirat Arab ketika dihancurkan oleh rudal AS. Kejadian ini menewaskan seluruh 290 penumpang dan awak kapal, termasuk 66 anak-anak. Ini adlah angka kematian tertinggi dari semua insiden penerbangan di Samudra Hindia dan semua insiden yang melibatkan Airbuss A300 di dunia.
Saat itu Vincennes sedang melewati Selat Hormuz, di dalam wilayah perairan Iran, dan saat serangan, IR655 juga dalam berada dalam wilayah udara Iran. Menurut pemerintah AS, para kru mengidentifikasi IR655 sebagai pesawat tempurF-14 Tomcat. Sedangkan menurut pemerintah Iran, Vincennes sengaja menembak jatuh pesawat sipil.
Pada tahun 1996, Amerika Serikat dan Iran mencapai kesepakatan dalam penyelesaian yang terkait dengan insiden itu di Mahkamah Internasional. AS setuju untuk membayar US$ 61.800.000 sebagai kompensansi kepada keluarga korban Iran.

Itulah ke 5 kecelakaan pesawat terbesar di dunia. Semoga menghibur dan berkenan dihati anda Terima kasih...

Ditulis Oleh : Unknown ~Blog Richard Randy

Richard Randy Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Kecelakaan pesawat terbesar di dunia yang ditulis oleh Blog Richard Randy . Selamat membaca, semoga Menghibur anda dan bermanfaat bagi anda terima kasih.

Blog, Updated at: 18.50

0 komentar:

Posting Komentar