Translate

10 Kawah Meteor Terbesar Di Dunia

Written By Unknown on Rabu, 08 Oktober 2014 | 17.53

 
10 Kawah Meteor Terbesar Di Dunia

Pada jaman dahulu Meteor masih sering menabrak bumi dan di antara meteor meteor tersebut meninggalkan kawah kawah yang sangat besar dan berdampak besar bagi kehidupan bumi. Berikut 10 Kawah Meteor Terbesar Di Dunia : 


10. Kawah Barringer

Kawah Barringer


49.000 tahun yang lalu sebuah nickel-iron meteorite dengan ukuran panjang sekitar 45,72 meter, dengan berat sekitar tiga ratus ribu ton menuju bumi dengan kecepatan 40.000 mil/jam dan menghantam bumi. Hasil dari hantaman itu terdapat di 55 kilometer sebelah timur dari Flagstaff, Arizona, dan dinamai kawah Barringer. Kawah tabrakan yang masih terawat dengan baik.
Ukuran kawah Barringner membentang sejauh 1,2 kilometer dengan kedalaman 175 meter dan memiliki pinggiran yang terangkat setinggi 45 meter lebih tinggi dari dataran disekitar lokasi tabrakan. Kawah ini ditemukan pada tahun 1902, Diberikan nama kawah Barringer mengikuti nama Daniel Barringer, seorang ahli penambang sukses. Saat ini lokasi tersebut masih dimiliki oleh keluarganya dan juga dikenal dengan nama Meteor Crater, Coon Butte, dan Canyon Diablo.

9. Bosomtwi, Ghana

Bosomtwi, Ghana

 

 Letak kawah Bosomtwi adalah sekitar 30 km sebelah tenggara Kumasi, Ghana. Kawah ini berbentuk seperti danau dan merupakan satu satunya danau alam di Ghana. Tabrakan dari meteorit sekitar 1,3 juta tahun yang lalu membuat lubang terbuka di tanah dengan diameter sepanjang 10,5 kilometer. Kawah tersebut lambat laun terisi dengan air dan menjadi sebuah danau. Dikelilingi dengan hutan hujan yang lebat, orang Ashanti (suku setempat) memperlakukan danau itu sebagai tempat keramat. Mereka beranggapan kalau tempat itu adalah tempat para arwah bertemu dengan dewa Twi.

8. Deep Bay, Canada

Deep Bay, Canada


Deep Bay adalah danau yang mencolok dan dangkal, walaupun terlihat seperti danau sebenarnya Deep Bay adlah bekas tabrakan Meteor 100 juta tahun yang lalu. tabrakan meteor itu menyebabkan sebuah lubang dengan lebar 8 Mil atau sekitar 12,8 km.

7. Aorounga impact crater, Chad

 

Kawah Aorounga terbentuk sekitar 200 - 300 juta tahun lalu dan terletak di gurun sahara, ketika sebuah komet atau asteroid yang berdiameter sepanjang 1,6 kilometer menghantam kulit bumi. Tabrakan seperti itu terjadi diperkirakan 1 kali dalam setiap jutaan tahun.
Kawah Aorounga terbentang sekitar 17 kilometer dan ditemani oleh 2 lingkaran yang terungkap oleh radar peswat ulang alik SIR-C, setelah mengambilan foto area itu sekitar 36 kilometer cakupannya. Jika asumsi dan hipotesis bahwa bagian yang gelap pada bagian sudut kanan atas adalah kemungkinan kawah tabrakan kedua, maka Aorounga mungkin merupakan bagian dari tabrakan berantai dari meteor.

6. Gosses Bluff, Australia



 Sekitar 142 juta tahun yang lalu, sebuah komet berdiameter 22 km menghantam bumi dengan kecepatan 40 km/detik di bagian selatan Northern Territory, dekat dari bagian tengah Australia, dan melepaskan energi yang begitu dahsyat yang sama dengan ledakan dari 22.000 megaton TNT. Inilah yang menyebabkan Gosses Bluff menjadi salah satu struktur tabrakan yang signifikan di bumi. Dimensinya juga mencengangkan, karena berdiameter 24 kilometer dan memiliki kedalaman sampai 5000 meter.

5. Danau Mistastin, Canada

 
Danau Mistastin, Canada


Danau Mistastin Terletak di Labrador, Canada. Sebenarnya danau Mistastin adalah hasil tabrakan meteor dan yang mengakibatkan terciptanya sebuah lubang raksasa sebesar 28 kilometer di tanah, pada 38 juta tahun yang lalu.

4.  Danau Clearwater, Canada

Danau Clearwater, Canada
Danau Clearwater terletak di Canadian Shield di Quebec terbentuk secara simultan karena tabrakan dari pasangan asteroid yang menghantam bumi sekitar 290 juta tahun yang lalu. Kawah terbesar dari 2 kawah itu adalah danau Clearwater sebelah barat dengan diameter 32 kilometer, sedangkan yang kedua, danau Clearwater sebelah timur berdiameter 22 kilometer.

3.  Kara-Kul, Tajikistan

 Kara-Kul, Tajikistan
Kara-Kul berada di ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut. Kara-Kul juga dikenal dengan nama Qarokul. Kara-Kul berbentuk sebuah danau dengan lebar 25 kilometer di pegunungan Pamir di Tajikistan, dekat dengan perbatasan dengan China. Kara-kul tercipta karena hantaman meteor sekitar 5 juta tahun lalu, dan baru ditemukan lewat satelit.

2.  Manicouagan, Canada 



Waduk Manicouagan atau danau Manicouagan juga disebut “eye of Quebec,”. Manicouagan adalah danau yang berbentuk cincin yang berada di tengar-tengah Quebec, Canada, yang terletak bersama puing-puing kuno. diperkirakan Waduk/kawah Manicougan terbentuk Sekitar 212 juta tahun yang lalu akibat asteroid selebar 5 kilometer menghantam bumi, dan mengakibatkan lubang raksasa selebar 100 kilometer.

 

1. Chicxulub, Mexico

 Chicxulub, Mexico

 

 Ini dia kawah terbesar Di Dunia Chicxulub atau yang berarti "Ekor Setan" dalam bahasa maya. Kawah Chicxulub terbentuk 65 juta tahun yang lalu ketika sebuah Meteor berukuran 1 kota kecil menabrak bumi dan menyebabkan ledakan sebesar 100 Tera Ton TNT. Akibatnya saat itu terbentuk sebuah kawah berukuran 170 Kilometer dan tejadi Tsunami, Gempabumi, Gunung meletus di seluruh permukaan bumi sampai akhirnya terjadi badai api di seluruh bumi dan meusnakan Dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

Ditulis Oleh : Unknown ~Blog Richard Randy

Richard Randy Anda sedang membaca artikel berjudul 10 Kawah Meteor Terbesar Di Dunia yang ditulis oleh Blog Richard Randy . Selamat membaca, semoga Menghibur anda dan bermanfaat bagi anda terima kasih.

Blog, Updated at: 17.53

1 komentar:

  1. keren bro... ngomong-ngomong templatenya bagus juga yah dapet dari mana tuh templatenya minta dong templatenya bales ya

    BalasHapus