Translate

Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Antartika

Written By Unknown on Senin, 29 Desember 2014 | 20.23

Deskripsi Antartika

Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Antartika

Antarktika merupakan benua yang terletak di bagian selatan bumi dan dikelilingi oleh Samudra Antartika. Benua Antartika memiliki luas 14 juta km2 dan berarti Antartika memilki luas hampir dua kali ukuran benua Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 1.9 kilometer.

Keadaan Alam 
Keadaan Alam Antartika

Antartika memiliki kelembapan rata-rata terendah diantara benua lainnya, suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus dan benua dengan angin terkencang. Antartika dianggap sebagai gurun karena memiliki curah hujan hanya 200 mm/tahun di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit di pedalaman. Antartika memiliki suhu mencapai -90 derajat Celcius pada musim dingin dan suhu terpanas di Antartika hanya mencapai 15 derajat Celcius. Turun salju di benua Antartika dapat mencapai 24 inchi dalam waktu 24 jam. rata rata tebal es di benua ini adalah 2,5 kilometer.

Populasi 
Piopulasi Antartika

 Populasi di benua Antartika adalah populasi terkecil diantara benua yang lain sekitar 5000 Peneliti dan Ilmuwan yang hanya melakukan penelitian dan riset saja di Antartika dan sekitar 1000 orang pekerja Di Antartika.

Fauna dan Tumbuhan di Antartika 
Fauna dan Tumbuhan di Antartika

Hanya organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi, alga, bakteri, protista selain itu Antartika juga di huni oleh hewan seperti Penguin, Ametoda, Ikan Paus dan anjing laut sedangkan Vegetasi yang ada hanya Tundra.

Klaim Teritorial

Klaim Teritorial Antartika
Beberapa negara, terutama yang letaknya tidak jauh dari Antarktika pada awal abad ke-20 mengklaim beberapa wilayah di Antarktika
Kebanyakannya yang mengklaim wilayah-wilayah ini memiliki stasiun observasi dan penelitian di dalam wilayah mereka. Perjanjian Antarktika tidak mengakui klaim-klaim ini dan sebagian besar negara di dunia tidak mengakui wilayah-wilayah ini. Ada 7 neara yang mengklaim Antartika yaitu :
  • Argentina : 25° B sampai 74° B; sebagian meliputi wilayah Chili dan Britania. Antartida Argentina diklaim pada tahun 1943 sebagai bagian wilayah provinsi "Terra Fuega, Antarctica dan kepulauan Atlantika Selatan.
  • Australia : 160° T sampai 142° T dan 136° T sampai 45° T diklaim pada 1933 sebagai Teritorium Antarktika Australia.
  • Britania Raya :  20° B sampai 80° B meliputi wilayah Argentina dan Chili. Diklaim pada tahun 1908
  • Chili : 53° B sampai 90° B  juga meliputi wilayah Argentina dan Britania; mulai tahun 1940.
  • Perancis : 142° T sampai 136° T; tanah Adelie diklaim pada 1924.
  • Selandia Baru : 150° B sampai 160° T Dependesi Rose diklaim pada 1923.
  • Norwegia : 45° T sampai 20° T; diklaim pada 1938 sebagai Queen Maud Land.
  • Wilayah antara 90° B dan 4° B masih belum diklaim siapapun.
Komunikasi Di Antartika
Komunikasi Di Antartika

  Kode telepon internasional untuk Antarktika adalah +672. Antarktika sudah memiliki jasa layanan telepon nirkabel. Di Pangkalan Marambio milik negara Argentina terdapat sebuah menara selular yang menggunakan teknologi AMPS dan di Pulau Raja George terdapat sebuah menara GSM Entel Chili. Selain ini, komunikasi terbatas pada koneksi satelit.

Bagaimana Cara Berwisata Ke Antartika 
Cara Berwisata Ke Antartika

Wisata ke Antartika biasanya diselenggarakan lewat pelayaran laut. Orang orang yang berwisata ke Antartika biasanya menggunakan kapal pesiar mewah yang akan berlayar mendekati Antarktika dalam jarak yang aman karena laut di sekitar Antarktika di penuhi dengan gunung-gunung es.

Cara Berwisata Ke Antartika
Di dasawarsa 70-an, wisata dengan pesawat terbang juga populer untuk sesaat. Ada 2 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan melintasi Antarktika untuk menikmati pemandangan dari udara yaitu Qantas Airlines dan Air New Zealand, Namun setelah kecelakaan pesawat Air New Zealand penerbangan TE-901 menabrak gunung Erebus pada tanggal 28 November 1978, Penerbangan ke Antartika dengan pesawat pun di hentikan.



Ditulis Oleh : Unknown ~Blog Richard Randy

Richard Randy Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Antartika yang ditulis oleh Blog Richard Randy . Selamat membaca, semoga Menghibur anda dan bermanfaat bagi anda terima kasih.

Blog, Updated at: 20.23

4 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. disana pun hewan aja gak ada

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus