Translate

Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Asia

Written By Unknown on Minggu, 11 Januari 2015 | 10.01


Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Asia
Apa itu Benua Asia ? Benua Asia adalah benua terbesar dan terluas di dunia. Benua Asia menyatu dengan benua Eropa dan hanya di pisahkan oleh Pegunugan Ural.

Letak Benua Asia

Secara Geografis wilayah daratan benua Asia dengan benua Eropa saling terhubung dan ke dua nya membentuk wilayah yang di namakan Eurasia, namun walau begitu wilayah benua Asia dengan benua Eropa tetap di pisahkan oleh Pegunungan Ural. Bedasarkan letak Geografis juga benua Asia sebelah Utara berbatasan semudra Artrik dan laut Bering, sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, sebelah Barat berbatasan dengan laut Merah dan Pegunungan Ural, sedangkan sebelah Selatan berbatasan dengan samudra Hindia. Sedangkan secara Astronomis letak wilayah benua Asia terletak pada 10° BB - 59° BT dan  71° LU - 35° LU. 

Populasi Benua Asia


Populasi Benua Asia

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa benua Asia adalah benua dengan jumlah penduduk terbanyak dan terpadat. Jumlah penduduk benua Asia saat ini kira kira sebanyak 4.164.252.000 jiwa dan itu berarti 60% penduduk di dunia ini berada di benua Asia, dan kepadatan penduduk nya mencapai 87 jiwa/km2. Salah satu negara di benua Asia adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia yaitu China, jumlah penduduk di China saat ini mencapai 1.322.044.605 jiwa dan India (wilayah Asia Selatan) memiliki jumlah penduduk mencapai 1.147.995.226 jiwa.

Wilayah Wilayah di Benua Asia 

Wilayah Wilayah di Benua Asia
Benua ASia memiliki luas wilayah mencapai 43.998.920 Km2 dan berarti Benua Asia mencakup hampir1/3 luas daratan di bumi. Benua Asia terdiri atas 6 wilayah dan sekitar 50 lebih negara. Berikut wilayah wilayah di Benua Asia :

Asia Utara :  
Hanya terdiri atas 1 negara yaitu negara Rusia.

Asia  Tengah :
Terdiri atas negara Kazakstan, Turkimenistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan lain lain.

Asia Timur :
Teridiri atas negara China, Hong Kong, Jepang, Taiwan, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan dan lain lain.

Asia Barat : 
Teridiri atas negara Arab, Iran, Irak, Israel, Lebanon, Irak Qatar, Suria, Turki, Yordania dan lain lain.

Asia Selatan : 
Terdiri atas negara India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal dan lain lain  

Asia Tenggara :
Terdiri atas negara : Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, Thailand dan Myanmar.

Keunikan dan Karakteristik Benua Asia

Keunikan dan Karakteristik Benua Asia
1. Merupakan benua Terluas di Dunia dengan luas wilayah 43.988.920 Km2
2.Memiliki banyak sungai sungai panjang yaitu Sungai Yangtze, Sungai Mekong dan lain lain.
3. Terdapat dataran tinggi yang sangat luas yang memiliki julukan Atap Dunia yaitu Dataran Tinggi Tibet(Dataran Tinggi Pamir).
4. Titik tertinggi di dunia terletak di benua Asia yaitu Mount Everest yang tingginya mencapai 8.848 Meter di atas permukaan air laut.
5. Memiliki tempat dengan suhu tertinggi di dunia yaitu di Tirat Zevi, Israel yang suhunya mencapai 53,8°C.
6. Juga memiliki Suhu Terendah di Dunia yaitu di Oymyakon, Rusia yang suhunya mencapai -67,7°C.
7. Terdapat 6 dari 10 negara dengan penduduk terbanyak di Dunia yaitu Cina, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan dan Jepang.
8. Benua Asia merupakan Benua penghasil minyak bumi Terbesar Di Dunia.
9. Terdapat 4 dari 7 keajaiban dunia yaitu Tembok Raksasa di Cina, Candi Borobudur di India, Taj Mahal di India dan Ka'bah di Arab Saudi.


Tempat Wisata Paling Terbaik Di Benua Asia :

Tempat Wisata Terbaik Di Benua Asia

kebanyakan tujuan wisata di benua Asia merupakan tempat alam terutama pantai di benua Asia mungkin anda dapat menikmati keindahan pantai Kuta dan pantai Sanur di Bali, Indonesia atau menikmati pantai di GOA, India tapi jika anda lebih senang dengan pantai yang tenang dan pasir nya masih putih dan air lautnya sangat biru jernih mungkin anda dapat mengunjungi Boracai di Filipina. Selain pantai di Asia uga terdapat banyak gunung gunung indah dan menakjubkan di antaranya gunung Fujiama di Jepang, gunung Jaya Wijaya di Papua dan gunung Bromo di Jawa. Tapi jika anda ingin ke tempat dengan kemajuan teknologi yang sangat maju mungkin anda dapat datang ke Jepang, Korea dan Singapura. di Asia juga terdapat beberapa keajaiban dunia di antaranya The Great Wall di China, Taj Mahal di India dan ada juga tempat menakjubkan yaitu kepulauan raja ampat di Indonesia. 


  

Ditulis Oleh : Unknown ~Blog Richard Randy

Richard Randy Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Benua Benua Besar Di Dunia : Asia yang ditulis oleh Blog Richard Randy . Selamat membaca, semoga Menghibur anda dan bermanfaat bagi anda terima kasih.

Blog, Updated at: 10.01

1 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus